Fisika? Siapa takut

FISIKA, mungkin mendengar kata fisika sudah terbayang suatu pelajaran yang sulit, rumit dan membosankan. Tapi, jangan salah dulu fisika itu menyenangkan, dengan belajar fisika kita bisa tahu banyak hal di bumi ini, dari sesuatu yang kecil hingga yang besar. Sebagai contoh saat kita berjalan, seberapa cepat kita mengangkat tumit saat berjalan? Percepatan yang dialami tumit saat berjalan adalah sekira 8,1 g dan saat menapak percepatan turunnya 4,1 g. Sedangkan percepatan yang terjadi saat kita akan duduk adalah 10,2 g. Wow… mungkin secara logika kita tidak bisa menjawab tapi dengan fisika semua bisa terselesaikan. Gimana, tertarik dengan fisika?  Itu baru salah satu contoh hal yang bisa kita ketahui dari FISIKA, masih banyak hal yang bisa kita ketahui.

Contoh diatas masuk dalam bab \”Kinematika Gerak”. Benda dikatakan bergerak ketika terjadi perubahan posisi pada suatu titik yang tetap. Ditinjau dari lintasannya terdapat dua macam gerak, yaitu gerak lurus atau gerak dalam garis lurus dan gerak lengkung atau gerak dalam garis lengkung. Posisi sebuah partikel atau benda yang bergerak dapat dengan mudah di tentukan dengan mempresentasikan gerak dalam koordinat Cartesius. Dalam sistem Cartesisus dikenal istilah besaran vektor yaitu besaran yang mempunnyai nilai dan juga mempunyai arah. Dalam sistem sumbu Cartesius, garis yang mendatar disebut sumbu X dan garis yang tegak lurus disebut sumbuY. Besaran vektor dinyatakan dengan anak panah, panjang anak panah melukiskan nilai besaran vektor dan arah anak panah menyatakan arah besaran vektor. Jika terdapat dua buah vektor atau lebih, maka vektor-vektor tersebut dapat disusun menjadi sebuah vektor. Begitu pula jika terdapat sebuah vektor maka dapat diuraikan menjadi dua buah vektor menurut sumbu X dan sumbu Y sistem Cartesius.

Ngomongin Kinematika Gerak pasti ada hubungannnya dengan kecepatan dan percepatan. Apa sih kecepatan sesaat itu? Kecepatan sesaat benda dapat didefinisikan sebagai perpindahan benda tiap satuan waktu dengan selang waktu mendekati nol. Besarnya kecepatan sesaat dapat dihitung dengan menggunakan rumus Phytagoras. Sudah tahukan sekarang, lanjut ke percepatan, apa si percepatan itu? Percepatan menurut ilmu fisika adalah perubahan kecepatan tiap satu satuan waktu. Percepatan dapat berupa pertambahan maupunpengurangan kecepatan. percepatan memiliki dua variasi, yitu percepatan rata-rata dan percepatan sesaat. Jika suatu mobil bergerak dengan kecepatan selalu bertambah dalam selang waktu tertentu , maka mobil tersebut dikatakan mengalami percepatan.

Asik kan belajar fisika? berarti anggapan kalian tentang fisika yang membosankan , fisika yang sulit dan fisika yang rumit itu salah. sekarang bukalah semangat kalian untuk belajar FISIKA.

 

Facebook Comments